Setting Manual Frekuensi HT Motorola CP 1660


Cara Setting Manual Frekuensi HT Motorola CP-1660 - Handy Talky atau biasa disebut HT adalah sebuah alat atau perangkat komunikasi yang dirancang untuk keperluan pekerja lapangan seperti petugas keamanan, petugas proyek lapangan, dan lain-lain. Meski demikian, sampai saat ini HT masih sangat diperlukan di perusahaan untuk berkomunikasi jarak jauh tanpa harus repot-repot mengisi token pulsa untuk berkomunikasi. Tidak seperti handphone, alat komunikasi ini harus disesuaikan dengan kondisi lingkungan yang keras. Body harus tahan dalam kondisi apapun, tahan terhadap benturan, daya baterai harus tahan lama dan sinyal radio yang kuat. Motorola cp-1660 mampu menjawab semua itu, pengguna akan dimudahkan dengan dihadirkannya fitur baru yang sangat user friendly, sehingga pekerjaan menjadi lebih mudah dan terpantau dengan baik.

HT Motorola CP 1660 Nusakom


Handy Talky Motorola CP 1660 VHF mempunyai atau berada pada frekuensi 136 ~ 174 mHz. Jika Kamu memiliki HT motorola ini namun belum atau kurang paham cara setting frekuensi maupun cara penggunaannya, berikut saya akan bagikan cara setting HT Motorola CP166 secara manual tanpa software :

1. Hidupkan perangkat

Setelah Kamu mengeluarkan Radio HT Motorola CP1660 dari dus box dan memasang semua aksesorisnya, lihat kondisi daya baterai. Jika battery dalam keadaan lemah, lebih baik charge terlebih dahulu sampai penuh. Ketika dirasa daya baterai sudah penuh hidupkan perangkat kemudian tekan tombol samping dibawah tombol 'monitor' sebanyak 6 kali. Lalu pilih opsi DEALER dengan menggeser tanda segitiga [?]. Terakhir tekan PTT dan matikan perangkat.

Pengisian Frekuensi

2. Cara Pengisian frekuensi RX
Dalam keadaan off, tekan sambil tahan tombol 'monitor' dan hidupkan kembali HT. Selanjutnya pilih opsi Channel dengan cara menggeser dan menekan tanda segitiga kekanan dan kemudian tekan PTT. Jika sudah, selanjutnya untuk cara setting frekuensi RX HT Motorola CP1660 adalah memilih frekuensi RX dengan menekan tanda segitiga lalu tekan PTT. Sekarang pemilihan channels sudah dapat dilakukan. Pilih channels yang dinginkan, tekan kembali PTT kemudian ketik frekuensi yang ingin dimasukan. Setelah semua telah selesai, Tekan lagi PTT dan matikan HT.

3. Cara Pengisian frekuensi TX

Cara setting frekuensi TX pada HT motorola CP1660 yaitu sama dengan cara pengisian frekuensi RX, hanya saja frekuensi yang dipilih adalah TX bukan RX. Begini caranya :  dimulai dengan menekan dan tahan tombol 'monitor', kemudian dihidupkan. Pilihlah channels dengan cara menekan tanda segitiga, lalu tekan PTT. Tahap berikutnya, pilih channels seperti biasa lalu tekan PTT. Jika sudah, pilihlah frekuensi TX kemudian silahkan tekan PTT lagi. Isilah frekuensi yang diinginkan, jika sudah tekan PTT lagi dan matikanlah HT.

Pengisian RPL dan TPL

4. Cara Pengisian RPL

Pastikan radio dalam keadaan mati, selanjutnya tekan dan tahan tombol 'monitor' secara bersamaan dan hidupkan radio. Pilih opsi Channels dengan menekan tanda segitiga atau panah ke kanan diikuti dengan menekan PTT. Untuk pengisian RPL pilih RX PL dengan menekan segitiga atau panah ke kanan lalu tekan PTT untuk konfirmasi. lalu PILIH yang akan digunakan, jika sudah selesai semua tekan PTT untuk konfirmasi.

Note: Jika jumlah channels yang akan diisi RPL yaitu lebih dari CHANNELS maka semua frekuensi RX RPL harus di isi terlebih dahulu.

5. Cara Pengisian TPL

Untuk pengisian RPL, tekan dan tahan tombol 'monitor' ketika HT dalam keadaan off, kemudian di hidupkan. Selanjutnya pilihlah opsi Channels dengan menekan tombol segitiga atau panah kanan diikuti  dengan menekan PTT. Terakhir pilih RX TPL dengan cara menekan tombol segitiga atau panah ke kanan dan tekan PTT lagi.

Itulah cara setting frekuensi HT Motorola CP-1660. Semoga artikel ini bisa membantu bagi Kamu yang belum mengerti menggunakan HT produksi Motorola ini. Jika masih ada kendala silahkan berkomentar dengan baik dan sopan. Terimakasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

4 Responses to "Setting Manual Frekuensi HT Motorola CP 1660"

  1. Maaf, kalau untuk cek frekuensi yang sudah di set di salah satu channel, bgmn caranya? Terimakasih..

    BalasHapus
  2. Maaf bang mau tanya kalau cara aktif kan beep atau suara tulalit panggilan bgmn ya.terima ksh

    BalasHapus
  3. Maaf mau tanya cara mengaktif beep bgmn ya ht motorola cp 1660

    BalasHapus
  4. Mau tanya HT ga ada suara jika ada yang monitor,tetapi HT kita bisa untuk monitor ke HT lain

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel