Tutorial Memodifikasi Power Supply Komputer Menjadi Power Radio

Tutorial memodifikasi power supply komputer menjadi power radio – Jika Kamu kebetulan sedang memiliki power supply komputer dirumah yang tidak terpakai, lebih baik Kamu jangan membuang nya terlebih dahulu. Sebab power supply bisa Kamu manfaatkan menjadi sebuah power radio rig. Selain dapat menghemat dana, Kamu juga akan mendapat pengalaman lain soal bermain dengan rangkaian elektronik.

    Di sini saya akan mencoba membahas bagaiman cara memodifikasi power supply komputer, menjadi power radio rig. Harapan saya dengan adanya artikel ini mungkin bisa sedikit membantu buat Kamu yang ingin mencoba membuat power radio dari barang yang sudah tidak terpakai.
Awalnya, saya melihat rongsokan power supply komputer yang memang sudah tidak terpakai lagi, dan berfikir bagaiman cara untuk memanfaatkan power supply yang sudah tidak terpakai ini. Saya melihat dan membolak-balikan power supply tersebut, tetapi pandangan saya tertuju pada keterangan besaran Ampere pada PSU tersebut.
+3.3 Volt : 12A
+5 Volt : 30A
+12 Volt : 15A

    Saya memikirkan lagi, menurut saya untuk arus keluaran seperti ini rasanya cukup untuk mensupply sebuah radio rig yang saya miliki yaitu Icom 2000. Sehingga saya mencoba memasangnya langsung, namun ternyata ada sedikit berberapa kendala yang ditemukan, yaitu ketika saya transmit ada dengungan dan RF Power yang keluar juga tidak maksimal. Karena benak penasaran yang saya miliki, akhirnya saya membongkar power supply komputer tersebut. Saya pun menemukan beberapa komponen yang memang sudah berkarat dan agak sedikit hangus. Karena memang yang dibongkar PSU-nya sudah bekas dan sudah sedikit rusak.

    Secara umum switching PSU memiliki dua komponen penting, yang pertama adalah OScilator yang digunakan untuk mencuplik arus listrik dan berfungsi sebagai penentu besarnya tegangan yang di ambil. Hal seperti ini biasanya dilakukan oleh IC TL-494. Sedangkan untuk pengaman arus dan tegangan biasanya dikerjakan oleh IC LM-339.

    Sebenarnya jika kita memerlukan sebuah keluaran sebesar 13.8V, kita tidak perlu lagi memodifikasi power supply tersebut. Sebab pada PSU CPU pengamanan tegangan biasanya sudah mencapai 16V. Namun  jika Kamu membutuhkan keluaran yang lebih besar dari 15A, sehingga memang perlu dimodifikasi lagi untuk rangkaiannya. Tetapi Kamau harus lihat dulu maksimal tengangan yang bisa diambil dari PSU CPU tersebut, karena masing-masing PSU memiliki ukuran tegangan yang berbeda.
Penting: sebelum melakukan perubahan, pastikan catu daya dari PLN sudah dicopot, kemudian tunggu hingga beberapa menit agar tegangan yang tersimpan benar-benar sudah kosong.


    Perhatikan pin 1 IC TL-494 terdapat 6 buah resistor yang terhubung langsung. Jangan melakukan perubahan apapun pada 3 buah resistor pararel ke ground dengan nilai 120K, 56K dan 18K. Sisanya cabut 3 resistor 15K yang terhubung ke output +3.3V, 4k7 ke +5V dan 27K ke +12V.
Ganti resistor 27k yang sudah dicabut dengan sebuah resistor sebesar 10K dan trimpot sebesar 20K. Tegangan output 13.8V diperoleh pada nilai sekitar 26.5K, sobat dapat melakukan adjusting tegangan output melalui Trimpot tersebut.

    Cabut kondensator elektrolit sebesar 1500uF/16V pada output +12V, kemudian Kamu ganti dengan kapasitor baru dengan kapasitas yang lebih tinggi, misalnya 35V, 50V, dan seterusnya. Fungsi komponen ini adalah sebagai perata arus, jadi semakin besar kapasitasnya maka akan semakin bagus. Pergunakan dua buah secara pararel masing-masing 10000uF/50V.
Tambahkan resistor dengan nilai 100 Ohm / 2W pararel dengan kapasitor diatas. Fungsinya adalah sebagai resistor load, yang akan memastikan adanya arus konstan sebesar 138mA. Pada dasarnya switching PSU membutuhkan adanya arus output yang konstan, untuk itu keberadaan resistor load ini sangat diperlukan untuk switching PSU.

    Jika Kamu hanya perlu 13.8V maka cabut semua kabel output default PSU dan menggantinya dengan kabel yang sesuai, yaitu pada output +12V dan Ground yang kemudian akan dihubungkan ke radio.
Gunakan remote power ON untuk menghidupkan PSU ini. Caranya hanya dengan menghubungkan port PWR (kabel warna hijau) ke Ground (kabel warna hitam). Maka Kamu hanya perlu menambahkan kabel dan saklar untuk mengaktifkannya.

    Langkah terakhir adalah dengan menambahkan rangkaian tambahan jika ketika dihubungkan dengan radio terdengar suara dengungan. Tambahkan PHI -Filter oada bagian Output 13.8V dengan dua buah kondensator keramik sebesar 470pf. Kemudian tambahkan juga indukator sebesar 100uH, ini berguna mengurangi suara bising akibat oscilator (PWM) dari PSU switcing. Jika diperlukan tambahkan juga AVO Digital untuk mengetahui besaran output yang dihasilkan dari PSU.

    Demikian tutorial memodifikasi power supply komputer menjadi power radio. Semoga bisa bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan seputar power supply yang ternyata bisa diubah menjadi pengganti adaptor dengan menggunakan travo linear. Artikel modifikasi power supply komputer mennjadi power radio ini menggunakan switching SMPS TL-494. Namun jika Kamu menggunakan SMPS 7500 bisa lihat cara modifikasi atau memperbaikinya sebagai alternatif adaptor atau power supply. 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "Tutorial Memodifikasi Power Supply Komputer Menjadi Power Radio"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel