Cara Setting HT Icom ic v85


HT Icom v85 adalah Handy Talky tangguh buatan dari Jepang memiliki 7watt output dengan frekuensi VHF 136-174. Meski kalah pamor dengan saudaranya yaitu HT Icom v80, Handy Talky built in CTCSS / DTCS ENCODE dan DECODE ini tidak bisa jika hanya dipandang sebelah mata.


Sesekali cobalah Anda bandingkan dengan HT VHF merek lain, HT Icom ic v85 adalah yang terbaik dikelas nya. Ketika HT Icom v85 dibiarkan standby, HT ini bisa bertahan hingga dua hari lamanya. Bahkan saat saya mencoba transmit pada frekuensi 14 - 15 MHz, HT ini bisa bertahan sampai seharian. Itu pun menggunakan antena luar, bukan antena bawaan.

Selain daripada itu, sparepart atau suku cadang HT Icom v85 juga sangat mudah ditemukan. Sehingga apabila suatu saat terjadi kerusakan bisa dengan sangat mudah untuk memperbaikinya. Aksesorisnya juga sangat banyak yang menjualnya, termasuk dari baterai, charger, antena dll.

Sekedar saran dari saya, apabila Kamu baru pertama kali nya membeli perangkat radio ini, sebaiknya biarkan saja frekuensi dalam keadaan kosong. Itu semua bertujuan agar Kamu bisa belajar setting frekuensi sendiri di rumah. Mungkin saja suatu saat nanti Kamu harus reset ht icom v85, jadi mau tidak mau harus paham cara setting frekuensinya juga.

Cara Mengisi Frekuensi VFO HT Icom V85
  1. Pastikan radio dalam mode VFO - Apabila terlihat ikon MR pada layar, itu berarti radio Kamu masih dalam mode Memory. Silahkan ubah ke mode VFO terlebih dahulu dengan menekan tombol CLR.
  2. Atur frekuensi dengan menggunakan keypad. Silahkan masukkan enam digit untuk mengatur frekuensi yang Kamu inginkan.
  3. Seimbangkan atau atur duplex - Silahkan tekan FUNC, lalu tekan tombol DUP untuk memilih antara simplex (kosong), - dan +.
  4. Apabila repeater membutuhkan nada terdengar sub, silahkan tekan tombol FUNC dan kemudian SET untuk masuk ke mode yang ditetapkan.
  5. Tekan dan tahan tombol up / down untuk sampai ke RT muncul di layar. Putar tombol dan pilih nada yang tepat. Silahkan keluar dari modus yang ditetapkan dengan menekan CLR atau PTT.
  6. Jika Kamu ingin mengaktifkan nada, silahkan tekan FUNC diikuti dengan tombol TONE. Kamu akan melihat fitur nada muncul pada bagian atas layar sebelah or_+. 

Setelah frekuensinya sudah ditetapkan, maka langkah selanjutnya adalah cara menyimpan frekuensi atau channel ke memory HT, berikut ini adalah langkah-langkahnya:

Cara Menyimpan Frekuensi / Channel ke Memory HT Icom V85

  1. Silahkan Kamu tekan tombol FUNC sambil menekan tombol MR. Jika Channel Memory berkedip-kedip secara terus menerus, berarti langkah ini sukses.
  2. Kemudian tekan tombol Up / Down untuk mencari nomer channel memory untuk penyimpanan dan kemudian masuk. Disini HT akan menampilkan layar kosong dan kemudian menunjukkan Channel Memory yang terbuka. Jika Kamu memilih salah satu memory dan kemudian frekuensi ditampilkan, Kamu akan menulis di atasnya.
  3. Selanjutnya tekan FUNC kembali disertai tombol MR selama 1 hingga 2 detik hingga memory tersimpan. Tandau memory tersimpan dengan baik, Kamu akan mendengar nada bip pendek sebanyak 2x .
  4. Apabila Kamu tidak punya channel memory lebih dan tidak bisa melanjutkan, kembali kelangkah nomor satu dan silahkan masuk ke Frekuensi, Offset, dan Nada.

Demikian Panduan tutorial cara setting HT Icom V85. Semoga bisa bermanfaat untuk Kamu yang sedang membutuhkan. Terimakasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Setting HT Icom ic v85"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel