Tutorial setting baofeng bf 888s dan menghubungkan dengan baofeng uv 5r

Sepertinya saat ini sudah berakhir era dimana HT memiliki harga yang cukup mahal di atas satu jutaan.

Saat ini produk HT dari negara cina sudah banyak berada pada pasar indonesia, dan sudah menyaingi produk-produk seperti Icom, Alinco, Motorola dan lain-lain. Harga yang ditawarkan juga tergolong sangat murah. Yaitu berkisar dibawah satu jutaan, tapi untuk soal kualitas sendir ht pabrikan cina yang berada di kota Quanzhou ini tidak bisa juga dianggap sebelah mata. 

Sekarang, kalau Kamu sudah mepunya HT Baofeng tipe bf 888s, tapi Kamu belum tau cara memprogram atau menyeting nya, disini aku akan mencoba memberikan tutorial cara nya setting ht baofeng bf 888s secara manual tanpa menggunakan program komputer.


Tutorial setting baofeng bf 888s

Langkah-langkah nya adalah sebagai berikut:

  1. Pastikan keadaan HT kamu sedang berada dalam kondisi dimatikan.
  2. Kalau posisi dial sedang berada di Channel 1-5, tekan dan tahan tombol PTT dan MONITOR, kemudian kamu hidupkan VOX - ON / OFF.
  3. Kalau posisi dial sedang berada di Channel 10, tekan dan tahan tombol PTT dan MONITOR, kemudian hidupkan Voice Promt - ON / OFF.
  4. Kalau posisi dial sedang berada di Channel 11, tekan dan tahan tombol PTT dan MONITOR, kemudian hidupkan Alarm Function - ON / OFF (namun sebelumnya harus diaktifkan terlebih dahulu melalui software).
  5. Kalau posisi dial sedang berada di Channel 15, tekan dan tahan tombol PTT dan MONITOR, kemudian hidupkan Ganti bahasa (CHINESE/ENGLISH).
  6. Kalau posisi dial sedang berada di Channel 16, tekan dan tahan tombol PTT dan MONITOR, kemudian hidupkan Scan - ON / OFF (sama seperti Alarm Function, fungsi scan juga harus diaktifkan dulu melalui software)
  7. Kalau posisi dial sedang berada di Channel 1-16, tekan dan tahan tombol MONITOR, kemudian mematikan Voice Promt sementara - ON / OFF.

Berikut ini adalah data tabel list frekuensi bawaan dari HT Baofeng BF 888S.


Berikut cara menghubungkan atau menyamakan HT Baofeng UV 5R UHF/VHF dengan Baofeng BF 888S UHF:

Sebenarnya kalau kamu sudah mempunyai sepasang Baofeng BF 888S bisa langsung dipakai atau digunakan untuk berkomunikasi. Karena pengaturan atau setingannya sudah default dari pabrik agar bisa langsung dipakai, yang sebelumnya sudah di setting pada 16 Channel. 
Kelebihan lain menurut penjual baofeng bf 888s adalah yaitu ternyata juga bisa digunakan untuk berkomunikasi dengan merek lain jika menggunakan frekuensi yang sama.

Saat aku searching di google ternyata frekuensi baofeng tipe bf-888s ini bisa berkomunikasi dengan tipe baofeng uv-5r di semua channel yang tersedia. 
Tapi denga catatan: jika frekuensi yang digunakan baofeng bf 888s semuanya adalah UHF, maka otomatis tidak akan bisa berkomunikasi dengan HT transceiver yang hanya memiliki band VHF. 
Kamu bisa melihat list catatan frekuensi 1-16 WT baofeng bf 888s UHF pada tabel di atas.

Untuk memulai kamu harus setting ht baofeng uv 5r agar bisa berkomunikasi dengan baofeng bf 888s terlebih dahulu. 
Namun sebelum mengulas lebih dalam, kamu harus tau dulu seperti apa spesifikasi ht baofeng uv 5r tersebut berikut ini.

Baofeng uv 5r dibekali dual band frekuensi yaitu VHF dan UHF. Untuk frekuensi VHF seperti yang sudah kamu ketahui tentunya hanya bisa digunakan untuk berkomunikasi dengan sesama ht yang berfrekuensi VHF juga. HT VHF ini lebih dikenal sebagai ht dengan jangkauan dua meter seperti Icom, Alinco, Kenwood versi lama dengan frekuensi 140 - 143 mHz.  Band frekuensi tersebut biasanya diperuntukan untuk RAPI dan untuk frekuensi diatasnya digunakan oleh ORARI serta komunitas pengguna ht lainnya. Sementara untuk band frekuensi UHF tentu saja sebagian digunakan oleh ORARI dan instansi atau perusahaan lain yang harus memegang ijin penggunaan frekuensi radio tersebut.

Selanjutnya agar baofeng uv 5r bisa berkomunikasi dengan baofeng bf 888s kamu harus setting channelnya terlebih dahulu. 
Ini harus dilakukan agar kedua ht tersebut bisa saling terhubung satu sama lainnya. 

Langkah-langkah yang harus kamu lakukan adalah sebagai berikut:
  1. Silahkan kamu hidupkan radio ht baofeng uv 5r
  2. Sebelum memprogram ht pastikan dulu mode ht berada di VFO bukan di memory, caranya pilih dengan tombol VFO/MR.
  3. Pastikan tanda panah pada layar berada pada baris atas display frekuensi.
  4. Masukan angka yang bisa kmau lihat pada gambar tabel atas. Contoh untuk channel 1 yaitu frekuensi 462.126.
  5. Silahkan tekan tombol Menu kemudian pilih sub menu 11 (R-CTCS) dengan cara menekan tombol panah di keypad.
  6. Tekan lagi menu panah, pada layar akan bergeser kebawah. Lalu kamu tekan panah atas di keypad hingga menemukan angka 69.3.
  7. Tekan menu lagi untuk menyimpan.
  8. Tekan lagi panah atas pada keypad untuk masuk ke menu 13 (T-CTSS).
  9. Tekan kembali menu panah, sehingga pada layar akan bergeser kebawah, kemudian tekan panah atas pada keypad hingga kamu menemukan angka 69.3.
  10. Tekan kembali menu untuk menyimpan.
  11. Terakhir tekan tombol panah atas berkali-kali pada keypad hingga bertemu submenu 27 (MEM-CH), 
  12. lalu tekan lagi menu panah, pada layar akan berpindah ke bawah. Tekan panah di keypad hingga bertemu angka 001 untuk menyimpan channel ini di memori satu, 
  13. Lalu tekan lagi menu untuk disimpan.
  14. Kemudian tekan tombol exit.
Sebenarnya kamu bisa menyimpan frekuensi pada memori apapun, namun agar lebih sinkron dengan baofeng bf 888s maka disini dijelaskan memilih channel 001 untuk menyimpannya, dan begitu sampai seterusnya. 
Sekarang silahkan kamu test, 
  1. Pertama tekan VFO/MR untuk bisa masuk ke memori channel. 
  2. Pilih memori satu yang sebelumnya kita buat. 
  3. Selanjutnya kita beralih ke baofeng bf 888s dan hidupkan ht tersebut. 
  4. Kemudian pilih channel satu.
Silahkan tekan PTT kemudian tes apakah komunikasi kedua ht tersebut sudah bisa dilakukan.
Untuk channel lain proses settingnya tetap sama, kecuali jika kamu menggunakan tone DCS. Perbedaannya adalah menggunakan dan merubah data sub menunya, yaitu ketika menggunakan menu 10 ( R-DCS ) dan sub menu 12 ( T-DCS). 

Demikian cara setting baofeng bf 888s dan menghubungkan nya dengan ht baofeng uv 5r.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

5 Responses to "Tutorial setting baofeng bf 888s dan menghubungkan dengan baofeng uv 5r"

  1. Baofeng bf888s KK sulit diprogram pa hrs spsang,apa bsa digunakan berkomunikasi dgn yg laim

    BalasHapus
  2. Apa ht baofeng 888s bisa digunakan 16 Chanel sesama baofeng 888e

    BalasHapus
  3. Kedua HT sy sdh hubungkan antara HT Baofeng UV5R dengan Baofeng 888s, yg sy jadi bingung dari HT 888s sdh bisa lempar suara ke HT UV5R tetapi dari HT UV5R melempar suara ke 888s tidak terdengar. bagaimana solusinya mohon petunjuk

    BalasHapus
  4. Utk simplex masukkan freq chanel bawaan 15 pada baofeng di ht uv5r nya aja biar bisa komunikasi dua arah,klo ga salah 460.325

    BalasHapus
  5. Kalau sudah konek ke ht yg ad duplex/grup ny, sementara 888s ke yg ad duplex/grup tidak konek, harus di setting menggunakan usb ke komputer yg sudah ad aplikasi untuk setting ny, settingan di baofeng mengikuti standarisasi dari pabrik

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel