CARA SIMPAN FREKUENSI DAN SETTING MANUAL HT BAOFENG UV-82


Cara Setting HT Baofeng UV-82, HT Baofeng UV-82 memiliki dua tombol PTT sehingga sangat memudahkan pengguna untuk transmit di frekuensi baris A dan B. Biasanya pada HT dualband lain, untuk memindahkan PTT ke frekuensi aktif kita harus menekan tombol A/B. Namun pada HT buatan cina ini, kita hanya cukup menekan PTT A atau PTT B untuk transmit salah satu frekuensi yang diinginkan. Meski awalnya saat pertama kali digunakan akan terasa canggung, namun  inilah kelebihan utama fitur radio dualband yang memiliki dual PTT. Membuat nya sangat praktis dan cepat jika dibandingkan HT dualband lain.

HT Baofeng UV 82


Perlu Kamu perhatikan yaitu, terdapat kesalahan informasi yang tertera pada label HT dan baterai baofeng UV-82.

  1. Label dan strker di belakang body radio tertulis 8 watt, namun power sebenarnya hanya 5 watt (VHF) dan 4 watt (UHF) saja.
  2. Label dan stiker di baterai tertulis kapasitas 2800 mAh, namun sebenarnya hanya 1800 mAh.


Hal tersebut sudah divalidasi pada pengukuran sebenarnya, yaitu dengan hasil bervariasi 5 - 6 watt tergantung frekuensi band VHF dan 4 - 5 watt pada frekuensi UHF.

Cara Pengaturan awal HT Baofeng UV-82


Siapkan baterai dan disarankan untuk mengisinya hingga penuh terlebih dahulu. Meski dari pabrikan sudah dicharge namun baterai tidak sepenuhnya terisi. Hal ini supaya baterai tidak overcharge dan bisa lebih awet. Silahkan Kamu isi baterai terlebih dahulu sampai indikator LED charger berwarna hijau selama kurang lebih empat jam.

Sebelum memasang baterai, ada baiknya Kamu memasang antena terlebih dahulu. Hal tersebut untuk menghindari transmit tanpa antena karena tombol PTT yang tidak sengaja ditekan. Sehingga dapat merusak transistor pemacar pada HT Baofeng UV-82.

Cara Reset Frekuensi HT Baofeng UV-82


  • Pada HT Baofeng seri UV-82 mungkin sudah memiliki frekuensi yang tersimpan di channel memori dari settingan pabrikan. Tetapi jika Kamu ingin mengganti nya, Kamu bisa mereset atau menghapus memori pada channel yang sudah terisi tersebut terlebih dahulu.
  • Ganti bahasa voice: MENU 14 MENU  ENG  EXIT.
  • Aktifkan senter (Flashlight LED): tekan tombol M sebanyak 1 kali (dibawah tombol PTT dan F) untuk menyala full, tekan 1kali lagi sampai lampu berkedip, dan tekan 1 kali lagi untuk mematikan.
  • Aktifkan Radio FM: tekan 1kali tombol F (di bawah tombol PTT), radio penerima FM 65-108 mHz akan aktif, dan jika tekan sekali lagi maka radio FM akan off.


Cara Mengganti Mode Channel Memori ke Mode VFO Frekuensi atau Sebaliknya

Pertama kali menghidupkan HT, mungkin posisi berada di Mode Channel (ditandai adanya nomer channel kecil 0-127 pada bagian kanan layar). Namun terkadang juga HT berada pada Mode Frekuensi VFO dimana Kamu bisa bebas memilih frekuensi dengan menekan tombol angka di keypad. Jika Kamu ingin menggantinya silahkan ikuti cara merubah mode channel ke VFO, atau sebaliknya berikut ini: Matikan HT Kamu, dan kemudian tekan sambil tahan tombol MENU. Lalu hidupkan kembali.

  1. Mode Channel Memory: Untuk berpindah channel silahkan tekan tombol panah atas dan bawah.
  2. Mode VFO Frekuensi: Untuk memasukkan frekuensi yang kamu inginkan silahkan tekan tombol angka di keypad.

Perhatian: Untuk memasukkan frekuensi tertentu, Kamu mungkin harus mengganti nilai STEP pada menu.

Cara Menyimpan Frekuensi Ke Memory Channel



Contoh kita akan menyimpan frekuensi 140500 di channels 126:

  1. Pastikan HT berada pada Mode VFO (Mode Frekuensi)
  2. Pilih display A aktif: Untuk berpindah antara display A dan B silahkan Kamu tekan tombol EXIT/AB (ditandai dengan segitiga kecil di sebelah kiri baris display aktif)
  3. Masukkan Frekuensi: Silahkan tekan tombol keypad sesuai frekuensi yang akan disimpan, misalnya 140500 (Jika Kamu tidak bisa memasukkan frekuensi, kemungkinan Kamu telah melewatkan langkah nomer satu dan sedang berada pada Mode Channel Memory).
  4. Simpan ke Memory: tekan tombol MENU dan tekan 27 hingga dilayar akan muncul tampilan MEM-CH. Kemudian tekan MENU (akan keluar suara: memory channel). Lalu tekan 126 (ini adalah nomer channel), selanjutnya tekan tombol MENU (akan keluar suara: receiving memor), terakhir tekan tombol EXIT.
  5. Selamat Kamu berhasil menyimpan frekuensi 140500 di channel 126. Silahkan berpindah ke Mode Memory atau Channel untuk menggunakannya.

Perhatian: HT Baofeng UV-82 memiliki 128 channel memory (nomer channel: 0 hingga 127). Jika Channel sudah di isi, maka channel tidak akan bisa ditimpa. Channel tersebut diharuskan dihapus terlebih dahulu melalui menu 28. Caranya yaitu: tekan MENU, selanjutnya tekan tombol 2 dan 8 hingga di layar muncul DEL-CH).

Cara Menyimpan Frekuensi Repeater ke Memory Channel


Disini kita akan menyimpan frekuensi repeater, misal frekuensi output yang akan disimpan di repeater adalah 147.500 dan frekuensi inputnya adalah 146.200 dengan tone 131.8 di channel 120.
Pertama-tama yaitu pastikan kondisi HT berada di Mode VFO (Mode Frekuensi)
Pilih display A aktif: Untuk berpindah antara display A dan B silahkan tekan tombol EXIT/AB (ditandai dengan segitiga kecil di sebelah kiri baris display aktif).


Menyimpan frekuensi output repeater

  • Masukan frekuensi output repeater: Tekan tombol keypad untuk memasukan frekuensi 147.500 yang akan disimpan (Jika Kamu tidak bisa memasukkan frekuensi, kemungkinan terbesar Kamu melewarkan langkah nomer satu dan sedang berada pada Mode Channel Memory).
  • Simpan ke Memory: tekan tombol MENU dan tekan 27 hingga dilayar muncul MEM-CH. Kemudian tekan MENU (akan keluar suara: memory channel). Lalu tekan 120 (ini adalah nomer channel), lalu tekan tombol MENU (akan keluar suara: receiving memor), terakhir tekan tombol EXIT.
  • Proses pertama penyimpanan frekuensi output repater 147.500 selesai. Selanjutnya kita akan menyimpan frekuensi input repeater.


Menyimpan frekuensi input repeater

  • Masukkan frekuensi input repeater: Tekan tombol keypad dan masukkan frekuensi input repeater yaitu 146.200
  • Set tone/ PL 131.8: Tekan MENU dan tekan 13, lalu tekan MENU dan tekan 1318, kemudian tekan MENU lagi dan tekan EXIT
  • Set TDR ke OFF: Tekan MENU dan tekan 7, kemudian tekan MENU pilih OFF, kemudian tekan MENU lagi dan EXIT
  • Simpan ke memory: tekan tombol MENU dan tekan 27 hingga dilayar muncul MEM-CH. Kemudian tekan MENU (akan keluar suara: memory channel). Lalu tekan 120 (ini adalah nomer channel), lalu tekan tombol MENU (akan keluar suara: receiving memor), terakhir tekan tombol EXIT.
  • Selamat, proses penyimpanan frekuensi repeater di channel 120 telah selesai. Silahkan pindah ke mode Memory / Channel untuk emnggunakannya.

Jika Kamu ingin menyimpan puluhan frekuensi repeater dan memberikan nama untuk masing-masing channel. Silahkan memakai kabel data interface USB untuk memprogram HT Baofeng UV-82 melalui Komputer atau laptop.

Itulah cara setting dan pengaturan HT Baofeng UV-82. Semoga bermanfaat dan dapat membantu Kamu yang sedang membutuhkan nya.



Berlangganan update artikel terbaru via email:

4 Responses to "CARA SIMPAN FREKUENSI DAN SETTING MANUAL HT BAOFENG UV-82"

  1. tolong master kalau mau memasukan prekwensi kembali lagi ke nol..dari mode vfo misal no dari pabrik lalu di pindahkan ke mode prekwensi menjadi nol semuanya lalu di ketik ahirnya ke nol gimana ni master tolong panduannyaa trimakasih master

    BalasHapus
  2. ini yg saya cari,,, makasih panduannya

    BalasHapus
  3. Alqamdulillah kemaren saya beli uv-82 tanggal 3 maret 2022 dapet yang versi HP atau yang versi 8 watt bukan yang 5 watt dan sudah di test sama teman saya bisa dapet power 7 watt

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel