Cara Mengaktifkan Kembali Suara Radio XIR M3688 yang Disable


Cara Mengaktifkan Kembali Suara Radio XIR M3688 yang Disable - Sebagai pengguna radio Motorola versi baru tipe XIR M3688 pasti pernah mengalami beberapa kendala, karena memang radio tipe XIR M3688 adalah radio rig versi terbaru yang dikeluarkan oleh motorola. Oleh karena itu sedikit membuat kesulitan dalam melakukan troubleshooting ketika ada erorr atau kerusakan, karena masih sedikit nya tutorial yang membahas cara penyelesaian nya.

motorola xir m3688

Kerusakan yang pernah di alami adalah hilangnya suara pada radio motorola xir m3688, dengan indikator tampilan audio silang pada layar xir m3688, sehingga suara baik itu dari pengirim, atau radio lain, juga suara dari internal radio sendiri tidak muncul.

Penyebab dari munculnya icon audio silang pada xir m3688 belum diketahui karena masih sedikit sekali pembahasan tentang radio motorola versi terbaru ini.

Namun kali ini saya akan mebahas bersama tentang kesulitan yang di alami jika mengalami error radio xir m3688 tidak muncul suaranya, atau disable sound xir m3688. Sehingga radio tersebut tidak bersuara sama sekali tetapi radio xir m3688 tetap bisa menyala normal.

Cara Mengaktifkan Suara Radio XIR M3688 yang Disable yaitu sebagai berikut:
  1. Siapkan kabel program untuk radio rig xir m3688, karena untuk radio tipe ini menggunakan kabel program berbeda dari radio motorola lainnya, bahkan kabel program universal pun tidak bisa untuk melakukan setting pada radio rig tipe xir m3688.
  2. Sambungkan kabel program radio rig xir m3688 tersebut dengan komputer atau laptop Kamu, dan jangan lupa nyalakan radio menggunakan power supply dengan power kisaran 15 volt.
  3. Buka aplikasi mototorbo pada laptop atau komputer Kamu.
  4. Silahkan cari radio rig xir m3688 lain yang kondisinya masih normal, atau cari settingan radio xir m3688 lama yang pernah Kamu lakukan setting untuk radio-radio sebelumnya. Pastikan channel dan settingan normal seperti radio lain yang bisa Kamu gunakan.
  5. Lakukan read radio yang kondisinya normal tadi, kemudian sesuaikan nama dan juga channelnya.
  6. Matikan radio rig xir m3688 yang normal tadi, dan lepas dari kabel program dan power supply
  7. Ganti radio yang normal tadi dengan radio Xir m3688 yang mati suaranya tadi ke komputer atau laptop Kamu dengan kabel programnya, dan nyalakan dengan power supply yang sama.
  8. Setelah itu lakukan lah clonning settingan dari radio yang normal tadi ke radio yang tidak muncul suaranya.
  9. Tunggu sampai proses clonning selesai.
  10. Pastikan terdapat bunyi tulilut ketika proses clonning selesai, yang berarti menandakan radio yang suaranya disable tadi sudah normal kembali.
  11. Untuk lebih memastikan silahkan dicoba berkomunikasi dua arah dengan radio lain, apakah suara sudah muncul kembali atau belum.
  12. Jika memang masih tidak muncul suara pada radio xir m3688, silahkan cari radio lain untuk dilakukan clonning ulang seperti tahapan di atas tadi.

Demikian pengalaman dan informasi yang bisa saya bagikan untuk Kamu terkait problem suara yang hilang pada radio xir m3688. Semoga bermanfaat dan bisa membatu penyelesaian masalah radio rig versi terbaru dari motorola ini.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "Cara Mengaktifkan Kembali Suara Radio XIR M3688 yang Disable"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel