Cara Setting HT Alinco DJ A10

Cara Setting HT Alinco DJ A10 - Radio komunikasi Alinco dj a10 adalah perangkat yang biasanya digunakan oleh anggota militer atau pekerja lapangan yang membutuhkan alat komunikasi dua arah atau lebih yang sangat handal. Handy Talky Alinco ini sangat cocok dipakai untuk keperluan pekerjaan lapangan yang keras, karena bodynya yang didesain tahan terhadap debu dan air serta bentuknya yang mungil sehingga mudah untuk membawanya kemana saja. Alat ini juga bisa digunakan untuk keperluan security di lokasi tertentu, seperti proyek pembangunan gedung bertingkat, pusat perbelanjaan, kantor, penginapan dan lain sebagainya.

ht alinco dj a10

Jika Kamu kesulitan dalam menentukan pengaturan mode dan frekuensi, kali ini penulis akan mencoba memberikan tutorial bagaimana cara setting manual frekuensi ht Alinco Dj A10. Semoga dengan tulisan ini Kamu bisa dengan mudah memprogramnya sendiri dan bisa langsung dipergunakan untuk keperluan yang Kamu butuhkan. Langkah pertama yaitu dengan setting terlebih dahulu sebelum alat komunikasi tersebut digunakan. Berikut ini adalah cara setting Alinco dj A10 :


Melakukan pengaturan mode VFO

Langkah pertama yang bisa Kamu lakukan yaitu setting secara langsung pada handy talky tersebut. Setting manual Alinco DJ A10 dengan cara mengatur mode VFO terlebih dahulu. Caranya tekan tombol [D] satu kali agar bisa masuk kedalam mode VFO.


Menentukan Frekuensi

Langkah berikutnya adalah melakukan pemilihan frekuensi dengan cara ketik dan masukan frekuensi RQ. Disini Kamu bisa menentukan output frekuensinya sendiri, contoh 144.700 dll.


Melakukan setting Handy Talky
  • Selanjutnya dengan menekan tombol [A] sekali saja dan tombol angka [4] sebanyak satu kali juga.
  • Pada kesempatan pertama saat Kamu menekan tombol akan muncul duplex [-].
  • Pada kesempatan kedua akan muncul duplex [+].
  • Kemudian aturlah sesuai dengan frekuensi repeaternya, apakah minus atau plus.
  • Jika sudah selanjutnya tekan tombol [A] sekali dan tekan tombol angka [8] dan cari menu nomer 4 atau posisi OFFSET.
  • Tekan tombol [A] lagi sebanyak satu kali.
  • Untuk memindahkannya pilih tombol [B] untuk penambahan atas dan pilih tombol [C] untuk mengurangi.
  • Jika sudah selesai mengatur setting handy talky nya, tekan ulang tombol [A] dan tombol [#] atau [D].


Penyimpanan Memori Frekuensi
  • Langkah terakhir yang harus Kamu lakukan adalah menyimpan hasil setting frekuensi handy talkynya. Begini cara menyimpannya:
  • Tekan tombol [A] sekali dan selanjutnya dengan menekan tombol [D] satu kali juga.
  • Tahan agak lama. Disini Kamu bisa memilih nomer memori sesuai yang diinginkan, contoh : 1900 dan seterusnya.
  • Cara pengaturannya sama seperti setting di awal.
  • pilih tombol [B] untuk menambahkan dan tombol [C] untuk mengurangi.
  • Selanjutnya tekan agak lama tombol [D] supaya perangkat menyimpan hasil settingan tersebut.



Informasi Tambahan Terbaru


Cara Mengatur Frekuensi Alinco DJ-A10

Cara setting Manual Frekuensi ht Alinco DJ A10 - HT merupakan alat radio komunikasi yang cukup berperan dalam mendukung sistem keamanan. Perangkat ini biasanya digunakan oleh pegawai yang berhubungan untuk menjaga keamaanan lingkungan suatu daerah, seperti polisi, security dan lain sebaginya. Penggunaannya cukup mudah dan sangat efektif sebagai alat komunikasi jarak jauh. Salah satu jenis HT yang biasa digunakan oleh mereka adalah HT Alinco DJ A10. Bagi Kamu yang memiliki profesi lapangan dan menggunakan HT, sebaiknya Kamu mengetahui cara setting ht alinco dj a10.


Disini penulis akan membahas bagaimana cara setting frekuensi yang benar dan wajib untuk Kamu ketahui. Setting frekuensi memang sangat penting untuk memasukan dan memilih saluran frekuensi pada HT tersebut. Untuk itu bagaimanakah langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk setting ht alinco dj a10 ini ? berikut adalah langkah-langkah yang harus Kamu ketahui :


  1. Langkah pertama yang harus dilakukan saat setting frekuensi ht adalah masuk ke mode VFO terlebih dahulu. Caranya adalah dengan menekan tombol [D].
  2. Kemudian masukan frekuensi RX nya.
  3. Selanjutnya Tekan tombol [A] dan Kamu harus memilih pilihan nomer 4 (+/-). Disini pada saat menekan tombo pertama kali kita akan melihat duplex minus. Nah pada saat menekan tombol kedua kali kita akan melihat duplex plus. Tapi kita harus memilih salah satu frekuensi repeater nya, apakah plus atau minus.
  4. Langkah berikutnya adalah tekan [A] kemudian tekan angka [8]. Lalu cari menu bernama "OFFSET". Kemudian pilihlah nomor 4 dan tekan [A], [B] dan [C], ini berguna untuk mengurangi atau menambahkan. Supaya lebih cepat gerakannya pada angka offset, kita cukup menekan agak lama tombol [C] dan [B]. Jika sudah menentukan OFFSET nya selanjutnya silahkan tekan tombol [A] diikuti tombol [B].
  5. Jika Kamu ingin menyimpan memori, Kamu cukup menekan tombol [A] kemudian [D] dalam waktu yang agak lama. Terakhir adalah pilih memori dengan nomer yang kamu inginkan, jika sudah tekan tombol [D].



Selamat Kamu sudah melakukan cara setting frekuensi manual HT Alinco DJ A10 dengan benar.


Bagaimana? sangat mudah bukan cara setting manual ht Alinco DJ A10 ini. Disini penulis menyarankan bagi Kamu yang ingin membeli radio ht untuk sangat tidak ragu dalam membeli. Karena ht alinco dj a10 ini memiliki spesifikasi yang sangat bagus serta harga yang dijual cukup terjangkau. Kamu cukup merogoh kocek 900 ribu hingga 1 juta rupiah agar bisa memiliki ht alinco ini. Kamu bisa mendapatkannya di toko distributor alat komunikasi baik secara online, offline, atau marketplace seperti tokopedia, dan bukalapak.


Sekian tutorial cara setting manual ht Alinco DJ A10. Silahkan langsung mencobanya pada ht Alinco tipe dj a10 yang sudah Kamu beli. Jika Kamu masih mengalami kesulitan ketika mensettingnya, coba baca lagi dengan seksama atau baca dan pahami buku panduan yang ada dalam kotak kardus ht alinco dj a10 tesebut. Jangan sungkan untuk bertanya langsung pada penjualnya atau mencari informasi cara setting ht tersebut disitus resminya.



Berlangganan update artikel terbaru via email:

7 Responses to "Cara Setting HT Alinco DJ A10"

  1. Cara menghilang kan huruf DCS pada layar pesawat alinco dj A 10

    BalasHapus
  2. Bagaimana cara menghilagkan huruf dcs pada layar pesawat dj a 10 ?

    BalasHapus
  3. Bagaimana cara setting ptt id..sudah disetting pada "eot" tp kok dak ada nadanya..trims

    BalasHapus
  4. bagaimana cara menghilangkan tanda "CT" pada radio alinco dj-A10?
    jadi gak ada modulasi

    BalasHapus
  5. Cara restart ht alinco dj a10 gmna ya bang?

    BalasHapus
  6. Alinco DJ A10 tombolnya tidak berfungsi semua,saat on dilayar muncul VOICE ENG 1.
    tolong cara bukanya bagaimana?

    BalasHapus
  7. Gimana cara hilangkan tanda ct fi ht alinco dj w10

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel